Senin, 27 November 2017

KEGIATAN WAJIB PRAMUKA SMPN 1 MUNJUNGAN



Setiap hari Minggu SMPN 1 Munjungan mengadakan kegiatan wajib ekstra kurikuler Kepramukaan. Kegiatan ini di ikuti oleh siswa kelas 7 dan dibina oleh Kakak Pembina Teguh Wahyudi dan dibantu oleh Dega/Osis SMPN 1 Munjungan. Selain juga kegiatan yang wajib bagi siswa kls 7  kegiatan tersebut juga diadakan untuk mendidik anak-anak dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya sesuai dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa. Dan bertujuan agar :
    1.  Anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
    2.  Anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya
    3.  Anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya
    4.  Anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga menjadi anggota masyartakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan negara.
    5.  Memperluas, memperdalam pengetahuan dan kemampuan atau kompetensi yang relevan dengan program kurikuler dalam konteks ini, kegiatan ekstra kurikuler diharpkan dapat memperkaya dan menambah wawasan pengetahuan siswa serta dapat mempertajam kompetensi atau kemampuan siswa sesuai materi yang diajarkan dalam program kurikuler, yang dalam pelaksanaannya memiliki keterbatasan waktu dan program kegiatan.

Rincian materi latian rutin adalah :
    1.      Sejarah pramuka
    2.      Dasa Dharma dan Trisatya
    3.      PBB dan upacara pramuka
    4.      Sandi pramuka (huruf rahasia)
    5.      Semaphore
    6.      Pioneering, tali temali, macam macam ikatan
    7.      Penjelajahan dan permainan pramuka
    8.      Kegiatan lain yang berupa kegiatan incidental dan spontan
        



0 komentar:

Posting Komentar